eng
competition

Text Practice Mode

anuiyaiayaafcasdfwsdef

created Sep 13th 2021, 15:03 by Ach. Fuad Amrulloh


1


Rating

293 words
4 completed
00:00
Latar belakang merupakan penjelasan dalam bentuk uraian paragraf yang berisi alasan mengapa sebuah karya tulis dibuat. Misalnya, kalau untuk karya ilmiah berarti kamu harus menjelaskan mengapa topik karya ilmiah tersebut dibuat. Kalau proposal pensi, mengulas alasan mengapa pensi tersebut harus diadakan. Dengan adanya latar belakang, pembaca jadi tahu hal apa yang hendak disampaikan dalam karya ilmiah tersebut.  
 
Guna mendukung penulisan karya ilmiah yang kompeten, maka latar belakang yang baik harus disusun dengan detail dan kalau bisa disertai data atau fakta yang mendukung. Latar belakang bisa juga berupa perbandingan dan penyempurnaan atas tulisan tentang topik yang serupa sebelumnya.
 
Untuk masalah seberapa panjang latar belakang, tidak ada patokan khusus, Quipperian. Semuanya tergantung dari kepentingan karya ilmiah itu sendiri. Kalau memang banyak masalah yang dijabarkan, maka enggak heran kalau latar belakang bisa lebih dari satu lembar. Tapi kalau masalah yang dijabarkan hanya sedikit dan tidak mendalam, mungkin latar belakang bisa dibuat sebanyak 1-2 halaman saja.
Nah, biar latar belakang kamu enggak salah tulis, berikut ini ada beberapa poin penting yang harus kamu perhatikan ketika menulis latar belakang.
 
Kondisi ideal tentang bagaimana seharusnya suatu keadaan berjalan, bisa ditulis dalam bentuk visi dan misi yang hendak dicapai.
Kondisi faktual tentang keadaan yang benar-benar terjadi saat ini, bisa berupa masalah sehingga menjadi dasar dibuatnya suatu penelitian atau kegiatan. Kamu bisa memberikan data atau fakta terkait supaya lebih kredibel, Quipperian.
Membahas penelitian yang sudah pernah dilakukan oleh peneliti baik dari negara atau tempat lain tentang topik terkait.
Jika karya ilmiah kamu punya kelemahan, dalam latar belakanglah kamu harus menjelaskan kelemahan tersebut.
Tujuan penelitian, di mana kamu membahas permasalahan karya ilmiah lebih detail dan dalam.
Metode penelitian yang digunakan dalam karya ilmiah.
Perumusan singkat mengenai pertanyaan penelitian.
Solusi berupa saran singkat atau penawaran solusi terhadap masalah sebelum lanjut ke pokok pembahasan.

saving score / loading statistics ...