eng
competition

Text Practice Mode

pendidikan

created Jun 10th 2021, 02:04 by Yudha 8119


7


Rating

268 words
116 completed
00:00
Pendidikan merupakan persoalan  bangsa. Bangsa yang maju diindikasikan bahwa pendidikannya berkembang untuk mampu mengisi kebutuhan pembangunan. Untuk menjadi Negara maju maka persoalan sumber daya manusia menjadi posisi sentral. Melalui pendidikan maka manusia pembangunan dapat diwujudkan. Sebagaimana paradigma fungsional dalam pendidikan bahwa orientasi pendidikan adalah untuk mencerdaskan bangsa, yang mampu mengisi lowongan pekerjaan dan mampu membangun bangsa secara berkelanjutan. Sebagaimana tujuan pendidikan dalam GBHN, yakni tujuan pendidikan nasional adalah mencerdaskan kehidupan bangsa sehingga mampu menjadi manusia yang  mandiri. Manusia dapat memenuhi kebutuhan hidup sendiri tanpa bergantung pada orang lain. Untuk itu maka tujuan pendidikan satu sisi memberi bekal pada manusia untuk mempunyai pengetahuan dan ketrampilan sehingga dapat difungsikan untuk melakukan pekerjaan ataupun jasa yang memberikan peningkatan pada kehidupannya. Dan sisi lain bahwa melalui pendidikan menjadikan manusia yang bermartabat, memiliki nilai-nilai luhur yang  menjadi pedoman dalam kehidupannya.
Pendidikan menjadi investasi Negara. Hal ini disadari bahwa pendidikan mampu meningkatkan kualitas manusia. Adanya sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas maka akan mudah beradabtasi dengan tuntutan iptek untuk kebutuhan peningkatan kerja dan karir. Hasil yang diperoleh dari pendidikan adalah nilai tambah pada kualitas masyarakat dan pada gilirannaya akan meningkatkan kualitas bangsa. Negara memberdayakan  
bangsanya melalui pemenuhan kebutuhan kerja di berbagai sector industri/perusahaan. Sekolah ataupun perguruan tinggi dibangun dan dikembangangkan, yang pada gilirannya out come yang dihasilkan tersebut  akan memiliki pengetahuan dan ketrampilan  membangun bangsanya melalui peradaban yang semakin maju. Untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja dari berbagai industri, birokrasi, dan sektor lainnya maka pendidikan  berintegrasi dengan sector lain. Untuk itu kebijakan pendidikan diarahkan untuk melakukan sinkronisasi dan bersinergi paling tidak dengan tiga kementrian terkait. Yakni  kementerian tenaga kerja, kementerian industri, kementerian ristek dan teknologi.

saving score / loading statistics ...