eng
competition

Text Practice Mode

Motherboard

created Jan 26th 2021, 23:41 by Rony Roberto


1


Rating

347 words
18 completed
00:00
Sebuah papan induk (juga disebut mainboard, papan sirkuit utama, papan sistem, baseboard papan planar, papan logika,[1] dan mobo) adalah papan sirkuit cetak utama (PCB) di komputer tujuan umum dan sistem lain yang dapat diperluas. Ini memegang dan memungkinkan komunikasi antara banyak komponen elektronik penting dari suatu sistem, seperti unit pemrosesan sentral (CPU) dan memori, dan menyediakan konektor untuk periferal lain. Tidak seperti bidang belakang, papan induk biasanya berisi sub-sistem penting, seperti prosesor pusat, pengontrol input/output dan memori chipset, konektor antarmuka, dan komponen lain yang terintegrasi untuk penggunaan umum.
 
Papan induk secara khusus berarti PCB dengan kemampuan ekspansi. Seperti namanya, papan ini sering disebut sebagai "ibu" dari semua komponen yang menyertainya, yang sering kali mencakup periferal, kartu antarmuka, dan daughtercards: kartu suara, kartu video, kartu jaringan, hard drive, dan bentuk lain dari penyimpanan persisten; Kartu TV tuner, kartu yang menyediakan slot USB atau FireWire ekstra; dan berbagai komponen kustom lainnya.
 
Demikian pula, istilah mainboard menggambarkan perangkat dengan papan tunggal dan tidak ada ekspansi atau kemampuan tambahan, seperti papan pengendali di printer laser, set televisi, mesin cuci, ponsel, dan sistem tertanam lainnya dengan kemampuan ekspansi terbatas.
 
Istilah papan logika adalah merek tertentu, yang diciptakan oleh Apple pada awal 1980-an untuk papan induk di komputer Macintosh.
 
Sebelum penemuan mikroprosesor, komputer digital terdiri dari beberapa papan sirkuit cetak dalam kotak kandang kartu dengan komponen yang dihubungkan oleh bidang belakang, satu set soket yang saling berhubungan. Dalam desain yang sangat tua, kabel tembaga adalah koneksi terpisah antara pin konektor kartu, tetapi papan sirkuit tercetak segera menjadi praktik standar. Unit pemrosesan sentral (CPU), memori, dan periferal ditempatkan pada papan sirkuit tercetak individual, yang dihubungkan ke bidang belakang. Bus S-100 yang ada di mana-mana pada tahun 1970-an adalah contoh dari jenis sistem bidang belakang ini.
 
Komputer paling populer di tahun 1990-an seperti Apple II dan IBM PC telah menerbitkan diagram skematik dan dokumentasi lain yang memungkinkan papan induk dengan rekayasa balik dan penggantian pihak ketiga yang cepat. Biasanya ditujukan untuk membangun komputer baru yang kompatibel dengan contoh, banyak papan induk menawarkan kinerja tambahan atau fitur lain dan digunakan untuk meningkatkan peralatan asli pabrikan.
 
 

saving score / loading statistics ...