eng
competition

Text Practice Mode

Hidup Sehat Dimulai Dari Sekarang

created May 23rd 2019, 23:43 by KahfiBonboy


3


Rating

536 words
0 completed
00:00
    Seiring perkembangan jaman yang modern saat ini, banyak orang menginginkan hal instan dan serba cepat. Hampir segala aspek kehidupan kita saat ini tidak lepas dari teknologi. Saat ini kita bisa belanja tanpa perlu keluar rumah, pesan online dan barang pun tiba di depan rumah yang diantar oleh kurir. Pendidikan dan kursus juga sudah bisa dilakukan dengan online. Meeting dengan klien bisa dilakukan tatap muka melalui skype. Dengan segala kemudahan dan akses, membuat orang semakin sedikit bergerak. Tidak jarang masalah obesitas saat ini menjadi meningkat. Obesitas disebabkan karena kurangnya aktivitas fisik dan pengaruh gaya hidup tidak sehat.  
    Gaya hidup tidak sehat termasuk merokok, kurang olahraga, minum minuman beralkohol, makan makanan tidak sehat, pola tidur tidak teratur dan kurangnya istirahat membuat kesehatan menurun dan meningkatkan obesitas.  
    Sudah saatnya kita memulai pola hidup sehat dari sekarang, karena seperti pepatah mengatakan bahwa sehat itu mahal, tapi banyak di antara kita yang tidak menyadarinya sampai terlambat. Jangan tunggu sampai terlambat dan tubuh kita sakit.
    Berikut ini beberapa tips untuk menjalani hidup sehat. Menjaga pola makan teratur dan mengurangi makanan cepat saji, makanan cepat saji atau makanan instan mengandung bahan pengawet yang dapat mempengaruhi kesehatan tubuh dalam jangka panjang. Jika memungkinkan, kurangi makan makanan yang digoreng dan makanan yang mengandung kadar gula yang tinggi. Donat, gorengan, kue-kue. Bukan hanya karena bisa menyebabkan kegemukan saja, tapi gorengan juga dapat menyebabkan kanker dan memicu penyakit jantung.  
    Bagi orang yang kebanyakan aktivitas di depan komputer atau meja kerja, disarankan untuk berdiri setiap 20 menit sekali, melihat objek yang jaraknya 20 meter selama 20 detik. Hal ini dilakukan untuk menjaga kesehatan mata dan tulang punggung. Duduk tegak dan tidak bungkuk.
    Perbanyak makan buah dan sayuran. Buah-buahan mengandung banyak vitamin dan mineral alami. Apel, jeruk, melon, alpukat, kacang-kacangan, tomat. Buah-buahan juga mengandung anti-oksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Buah-buahan dan sayuran dengan warna yang cerah baik untuk kesehatan karena dapat mengeluarkan zat beracun dari tubuh kita. Perbanyak minum air putih dan kurangi minuman bersoda. Minuman bersoda memang terasa lebih nikmat, tetapi minuman jenis ini dapat menyebabkan pengeroposan tulang dan berbagai penyakit.
    Bangun pagi dan istirahat cukup. Dengan bangun pagi tubuh akan segar sepanjang hari dan membuat kerja lebih produktif. Kurangnya tidur dapat meningkatkan enzim kortisol dalam tubuh yang dapat memicu tingkat stress dan mengurangi daya tahan tubuh, maka dari itu disarankan untuk tidur selama 6-8 jam dalam sehari. Disarankan untuk tidur tepat waktu dan tidak begadang untuk dapat bangun pagi dan tidur cukup.
    Setiap orang pasti tahu bahwa olahraga rutin adalah cara untuk hidup sehat. Tapi banyak yang tidak menjalankannya. Terlalu lelah, tidak punya waktu, malas, dan berbagai alasan lainnya dibuat untuk tidak olahraga. Lakukan olahraga aktivitas fisik yang kita sukai setidaknya 3 kali dalam seminggu. Futsal, fitness, badminton, basket, sepeda, berenang, voley, beladiri, tenis, dan lain sebagainya. Olahraga yang paling mudah dan murah adalah lari karena bisa dilakukan hampir dimanapun dan kapanpun tanpa perlu mengeluarkan uang. Olahraga secara rutin dapat mengurangi tingkat stress, meningkatkan daya ingat, menguatkan jantung, meningkatkan kapasitas oksigen, mengurangi penuaan dini, memperpanjang usia, dan berbagai manfaat lainnya.
    Lebih baik mencegah daripada mengobati. Mulailah hidup sehat dari sekarang sebelum terlambat. Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat. Hiduplah lebih panjang lebih sehat, menikmati hidup lebih lama, lebih produktif dan lebih bermanfaat bagi orang lain.
 
 
 

saving score / loading statistics ...